Latihan Gabungan Sispamkota dalam rangka Pemilu 2014, Polres JakartaTimur dan KPU Kota Jakarta Timur
Latihan Gabungan Sispamkota dalam rangka Pemilu 2014, Polres JakartaTimur dan KPU Kota Jakarta Timur

Penggunaan Hak Pilih 9 Juli 2014

GUNAKAN HAK PILIH ANDA!

9 JULI 2014

Indonesia Memilih. 9 Juli 2014 adalah momentum penting bagi Bangsa Indonesia. Perhelatan lima tahun sekali akan dilakukan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang baru. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah siap untuk menggunakan hak pilih?

Berikut beberapa langkah untuk dapat menggunakan hak pilih di TPS :

1. TPS akan dibuka pukul 07.00 s/d 13.00 waktu setempat. Waktu ini digunakan untuk pemungutan suara.

2. Bagi Anda yang terdaftar sebagai pemilih:

a. Untuk pemilih tetap (silakan check di papan pengumuman TPS/ cek http://data.kpu.go.id/ss8.php dengan memasukkan NIK (Nomor Identitas Kependudukan) Anda.

– Apakah Anda sudah mendapatkan C6? C6 adalah surat pemberitahuan kepada pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. C6 didistribusikan oleh petugas KPU di tingkat TPS (KPPS).

– Bila sudah mendapatkannya, Anda dapat langsung ke TPS untuk menggunakan hak pilih dari pukul 07.00 s/d 13.00 WIB pada 9 Juli 2014.

– Bila Anda belum mendapatkan C6, Anda tetap dapat menggunakan hak pilih. Caranya adalah dengan langsung ke TPS yang dimaksud dengan menunjukkan KTP/identitas lain untuk meyakinkan KPPS bahwa Anda adalah sesuai dengan yang dimaksud dalam DPT.

b. Untuk pemilih yang pindah memilih (DPTb); Ini bagi Anda yang sudah terdapat dalam DPT namun tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS yang sudah ditentukan. Alasan penggunaan hak pilih DPTb yakni: pindah domisili, tugas belajar, tugas/pindah kerja, menjadi tahanan, sakit di Rumah Sakit dan bencana alam.  Pemilih DPTb dapat menggunakan hak pilihnya sejak pukul 07.00 s/d pukul 13.00 WIB.

– Untuk dapat menggunakan hak pilih, pemilih DPTb harus memiliki form A5 yang sudah diurus sebelumnya. Form A5 dibawa dan ditunjukkan kepada petugas KPPS ketika akan menggunakan hak pilih. Apakah pemilih dalam kategori ini sudah mendapatkan form C6 (pemberitahuan pemilih)?

– Bila sudah, maka pemilih DPTb dapat menggunaan hak pilihnya dengan membawa Form A5, Form C6. Bila belum mendapatkan Form C6, maka Pemilih DPTb cukup membawa Form A5 ke TPS tujuan dengan juga menunjukkan KTP/identitas lain untuk memastikan bahwa nama yang tertera sama dengan yang dimaksud.

c. Untuk pemilih dalam kategorisasi DPK (Daftar Pemilih Khusus); Ini bagi Anda yang tidak terdaftar sebelumnya di DPT dan kemudian dimasukkan dalam DPK yang kemudian ditetapkan oleh KPU Provinsi tanggal 2 Juli 2014. Pemilih kategorisasi ini secara aktif meminta dirinya untuk terdaftar langsung ke PPS (Petugas KPU di tingkat kelurahan). Bagi Anda yang ingin memastikan apakah sudah terdaftar, silakan dicek di Kelurahan atau di KPU Kabupaten/Kota tempat Anda mendaftarkan diri. Pemilih DPK dapat menggunakan hak pilihnya sejak pukul 07.00 s/d pukul 13.00 WIB.

– Apakah pemilih dalam kategori ini sudah mendapatkan form C6 (pemberitahuan pemilih)? Bila sudah, maka pemilih DPK dapat menggunaan hak pilihnya dengan membawa Form C6. Bila belum mendapatkan Form C6, maka Pemilih DPK datang ke TPS yang dimaksud dengan menunjukkan KTP/identitas lainnya.

3. Bagaimana bila sudah ditelusuri ternyata bahwa Anda belum terdaftar di kategorisasi pemilih manapun? Anda tetap dapat menggunakan hak pilihnya di TPS selama surat suara tersedia di TPS. Syaratnya adalah Anda harus menunjukkan KTP/identitas lain dengan membawa fotocopynya dan alamat yang tertera di KTP/identitas lain harus sama dengan tempat TPS didirikan. Kategori pemilih ini disebut dengan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb).

– Anda mendaftarkan diri terlebih dahulu di TPS yang dimaksud sejak TPS dibuka. Namun, Anda baru dapat menggunakan hak pilih pada pukul 12.00 s/d 13.00.

– Jika ketersediaan surat suara di TPS yang Anda maksud ternyata sudah tidak memungkinkan, maka PPS/KPPS akan mengarahkan Anda ke TPS terdekat.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Silakan gunakan hak pilih Anda! INDONESIA Memilih.

Salam,

KPU DKI Jakarta

* identitas lain selain KTP (Kartu Keluarga atau Pasport atau Resi atau Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan) 

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

LOGISTIK KOTAK DAN BILIK SUARA PEMILU 2019 TELAH TIBA DI GUDANG LOGISTIK KPU KOTA JAKARTA TIMUR

Jakarta (15/11/2018), Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur yang berlokasi di Jl. …

Leave a Reply