Sekretaris

Henny Yudhi Rachmi, SH               NIP.196610171995012001

Sekretaris KPU Kota Administrasi Jakarta Timur

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Jakarta Timur dipimpin oleh seorang Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Timur bertanggungjawab kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Timur.

Dalam Peraturan KPU Nomor  6 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kota, Sekretariat KPU mempunyai tugas diantaranya:

  1. Membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu;
  2. Memberikan dukungan teknis administratif;
  3. Membantu pelaksanaan tugas KPU Kota dalam menyelenggara kan Pemilu;
  4. Membantu pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi;
  5. Membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU Kota;
  6. Memfasilitasi penyelesaian masalah dan sengketa Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota;
  7. Membantu penyusunan laporan penyelenggaraan kegiatan dan pertangg ungjawaban KPU Kota; dan
  8. Membantu pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan peraturan perundang -undangan.

Sedangkan Fungsi Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Timur diantaranya:

  1. Membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu;
  2. Memberikan pelayanan teknis pelaksanaan Pemilu;
  3. Memberikan pelayanan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, anggaran, dan perlengkapan Pemilu;
  4. Membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU;
  5. Membantu perumusan, penyusunan dan memberikan bantuan hukum serta memfasilitasi penyelesaian sengketa Pemilu;
  6. Membantu pelayanan pemberian informasi Pemilu, partisipasi dan hubungan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu;
  7. Membantu pengelolaan data dan informasi Pemilu;
  8. Membantu pengelolaan logistik dan distribusi barang/jasa keperluan Pemilu di Kota;
  9. Membantu penyusunan kerjasama antar lembaga;
  10. Membantu penyusunan laporan penyelenggaraan Pemilu dan pertanggungjawaban KPU Kota.

Sekretariat dalam melaksanakan tugasnya mempunyai Kewenangan diantaranya :

  1. Mengadakan dan mendistribusikan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan  Wakil Kepala Daerah Kota berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kebutuhan yang ditetapkan oleh KPU;
  2. Mengadakan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada huruf a sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  3. Mengangkat  pejabat  fungsional  dan   tenaga  profesional  berdasarkan  kebutuhan  atas persetujuan KPU Kota; dan
  4. Memberikan layanan administrasi,  ketatausahaan,  dan kepegawaian sesuai   dengan peraturan perundang-undangan.

Dan Sekretariat juga mempunyai Kewajiban yaitu:

  1. Menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan;
  2. Memelihara arsip dan dokumen Pemilu; dan
  3. Mengelola barang inventaris KPU.