KPU Kota Jakarta Timur menetapkan DPT Pilgub DKI 2017

Jakarta 6/12/2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur berhasil menyelesaikan satu tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui Rapat Pleno yang dilangsungkan di Hotel Max One, Rawamangun pada hari Selasa 6 Desember 2016 yang dihadiri oleh seluruh tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Dengan demikian, setelah berakhirnya tahapan penetapan DPT tersebut maka KPU Kota Jakarta Timur beserta KPU Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi DKI Jakarta akan segera mengirimkan Berita Acara hasil penetapan DPT ke KPU Provinsi DKI Jakarta untuk dilakukan Penetapan di Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Dalam Rapat Pleno tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Komisioner KPU Kota Jakarta Timur serta undangan antara lain Drs. Bambang Musyawardana, M.Si  selaku Walikota Jaktim, AKP H. Sapto Wardoyo (Wakasat Intelkam RJT / Mewakili Kapolres Metro Jaktim), Kapten TNI Sukarmo (Mewakili Dandim 0505 Jaktim), Letkol TNI Jarto (Mewakili Danlanud Halim PK), GEDE. A (Mewakili Kepala Pengadilan Nageri Jaktim), Heri Sulistyo (Kanwil Menkumham Prov DKI Jakarta), Fahmi Iskandar (Kejaksaan Negeri Jaktim), Hamid Mas’ud (Kepala Kesbangpol Kota Jaktim), Roberto Manurung (Kasubdit Politik dan Demokrasi Kesbangpol Jaktim), Hartono (Kasatpol PP Walikota Jaktim), Sakhroji (Ketua Panwaslu Kota Jaktim), Aswani (Kabag Tata Pemerintahan Setko Adm Kota Jaktim), Ibu Budi. M (Sudin Dukcapil Jaktim), Agus. S (Sudin Kesehatan Kota Jaktim), Yulianto (Kepala Sudin Kominfo Kota Jaktim), M. Dasir (Sudin Sosial Kota Jaktim), Kusdie Fauzan (Lapas Klas 1 Cipinang), Adiansyah (Lapas Klas II A Narkotika Cipinang), Kiki Aji (Rutan Cipinang Jkt).

Hadir sebagai perwakilan tim sukses Pasangan Calon adalah Rachmat Ariyanto (Tim Sukses Paslon No. Urut 1) Eko Wijaksono & Rahmat. S (Tim Sukses Paslon No. Urut 2) Ismail Syah Alam & Irma Nasution (Tim Sukses Palson No. Urut 3).

Dalam proses jalannya Rapat Pleno Penetapan DPT tingkat Kota Jakarta Timur dipantau oleh Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), secara keseluruhan berjalan dengan lancar, yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Jakarta Timur serta diawali dengan sambutan Walikota Jakarta Timur. Rapat Pleno menetapkan KPU Kota Jakarta Timur memiliki 10 Kecamatan, 65 Kelurahan Jumlah TPS ditetapkan 3.690 dan Jumlah Pemilih yang tercantum dalam DPT adalah 2.009.831 dengan rincian Laki-Laki : 1.002.996 dan Perempuan : 1.006.835. Secara rinci seluruh Ketua PPK ikut menyampaikan hasil Rekapitulasi tingkat Kecamatan.

Rapat Pleno dimulai pada pukul 19.30 dan ditutup secara resmi pada pukul 00.34 oleh Ketua KPU Kota Jakarta Timur. Hasil Penetapan DPT tersebut tertuang dalam Berita Acara Rapat Pleno Penetapan DPT Nomor : 62/BA/KPU Kota/010.328846/XII/2016 dan ditandatangani oleh seluruh Tim Sukses Pasangan Calon Cagub Cawagub DKI Jakarta. (red)

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

Pasangan Calon Gubernur Nomor 3, Anies-Sandi memimpin di Kota Jakarta Timur

Jakarta, 15/02/2017. Dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017 berdasarkan penghitungan sementara scan …

2 comments

  1. DPT tidak sesuai dengan daftar DPS yang sudah di data langsung dari warga setiap RT/RW dengan melampirkan fotocopy KTP dan KK.

    Banyak ditemukan warga yang sudah terdata dalam DPS tidak ada di DPT dan sebaliknya, warga tersebut sudah pindah atau warga dari TPS lain terdaftar dalam DPT.

    Hal ini selalu terjadi dalam penyelenggaraan Pemilu/Pilkada. Data yang sudah ada dari setiap RT/RW itu adalah detail & valid tetapi mengapa data yang hanya tinggal input (masukan) dalam DPT selalu saja ada kesalahan?

    • Proses Penetapan DPT dimulai dari penerimaan DP4 dari dukcapil. selanjutnya disandingkan dengan DPT Pemilu terakhir (Pilpres) yang akan ditetapkan sebagai Data Pemilih Sementara (DPS). Selanjutnya akan dilakukan Pencocokan dan penelitian oleh Petugas PPDP disetiap RW/RT. yang hasilnya akan dijadikan bahan penetapan DPT. Jadi DPT ditetapkan melalui serangkaian proses yang panjang dan sumber data awal dari DUKCAPIL. Demikian, terimakasih.

Leave a Reply