KPU Perintahkan KPU Daerah Segera Jalankan Perintah MK

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memerintahkan KPU provinsi dan kabupaten/kota segera melaksanakan perintah Mahkamah Konstitusi (MK) terkait putusan perselisihan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Hal itu dikatakan Komisioner KPU Ida Budhiati di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (27/6/2014).

“Kami segera melaksanakan perintah MK. KPU kirim surat kepada KPU provinsi dan kabupaten/kota untuk melaksanakan putusan itu. Kami sudah berkoordinasi pada KPU di bawah,” ujar Idha.  

Dia mengatakan, pihaknya tidak dalam kapasitas mengomentari putusan MK. Sebab, putusan MK bersifat final dan mengikat.

“Kami tidak ingin berpolemik karena kami tidak dalam posisi melakukan penilaian terhadap putusan MK. Kewajiban yang harus kami laksanakan adalah perintah menghitung ulang, untuk melakukan perubahan terhadap perolehan suara peserta Pemilu Legislatif,” jelas dia. 

Hingga hari ini, MK telah mengeluarkan putusan hasil sengketa Pemilu di 18 provinsi dan 34 permohonan perseorangan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dari semua putusan yang dibacakan, MK hanya mengabulkan lima dari ratusan permohonan gugatan sengketa, yakni satu permohonan yang diajukan anggota DPD dari Provinsi Maluku; satu permohonan sengketa pemilu di Sulawesi Utara; satu permohonan sengketa pemilu di Kalimantan Barat; satu permohonan sengketa pemilu di Kalimantan Timur; dan satu permohonan PHPU di Lampung.

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2014/06/27/2041558/KPU.Perintahkan.KPU.Daerah.Segera.Jalankan.Perintah.MK

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

LOGISTIK KOTAK DAN BILIK SUARA PEMILU 2019 TELAH TIBA DI GUDANG LOGISTIK KPU KOTA JAKARTA TIMUR

Jakarta (15/11/2018), Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur yang berlokasi di Jl. …

Leave a Reply