Syarat Pemilih Bisa Mencoblos dengan KTP

Jakarta – Banyak pemilih mengira penggunaan KTP untuk mencoblos dalam Pemilu bisa dilakukan di TPS manapun yang bisa ditempuh. Padahal pemilih yang mencoblos dengan KTP ada ketentuannya. Seperti apa?

Ketentuan tersebut tertuang jelas dalam Peraturan KPU Nomor 9/2014 tentang Penyusuan daftar Pemilih untuk Pilpres 2014. Pasal 29 menyebut, pemilih yang menggunakan KTP masuk kategori Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DKPTb). KPU menjelaskan syarat penggunaannya dalam peraturan lainnya yaitu Peraturan KPU Nomor 19/2014 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS dalam Pilpres 2014.

Seperti dikutip detikcom, Selasa (1/7/2014), pasal 11 dalam peraturan itu menyebut, syarat yang paling penting dicermati adalah ‘penggunaan KTP hanya bisa dilakukan oleh pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPTb dan DPK’. DPT adalah daftar pemilih tetap Pilpres 2014 yang jumlahnya 190.307.134 orang se-Indonesia. DPTb adalah daftar pemilih tambahan yaitu pemilih di DPT yang ingin pindah memilih. DPK adalah daftar pemilih khusus bagi warga yang memenuhi syarat jadi pemilih tapi tak beridentitas dan belum masuk DPK. 

Jika sudah dipastikan tidak terdaftar dalam tiga macam daftar pemilih tersebut DPT, DPTb atau DPK, maka pemilih bisa menggunakan KTP untuk mencoblos. Berikutnya ketentuan teknis bagi pemilih yang mencoblos menggunakan KTP/paspor :

  1. Memberikan suara di TPS yang berada di wilayah RT/RW sesuai dengan alamat yang tertera dalam KTP atau identitas lain.
  2. Mendaftarkan diri di TPS kepada KPPS (petugas KPU di TPS) dengan menunjukkan KTP atau identitas lain atau paspor.
  3. Memberikan suara di TPS waktunya satu jam sebelum berakhirnya pemungutan suara atau pukul 12.00-13.00 WIB.

 

Sumber : detik.com

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

PELANTIKAN ANGGOTA PPK DAN PPS SE-KOTA JAKARTA TIMUR

Jakarta, 09/03/2018. Ketua KPU Kota Jakarta Timur, pada hari ini melantik calon anggota PPK dan …

Leave a Reply