Monitoring Pencetakan Suara di Kudus

Monitoring Pencetakan Suara di Kudus

Kudus, kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum melakukan monitoring cetak surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 di beberapa daerah secara langsung. Dalam kunjungannya ke salah satu perusahaan pencetak surat suara, PT. Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (14/6), Komisioner KPU Ida Budhiati, didampingi Komisioner KPU Kota Semarang dan Komisioner KPU Kudus, mengungkapkan, proses cetak surat suara Pilpres di perusahaan tersebut, hingga kini sudah mencapai sekitar 90%.

Surat suara Pilpres yang dicetak PT.  Pura Barutama merupakan surat suara untuk Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, dengan jumlah keseluruhan 13,5 juta lembar untuk kedua provinsi tersebut. Untuk kebutuhan Pilpres 2014  di Aceh, KPU menyiapkan surat suara sebanyak 3,38 juta lembar, sedangkan Sumatra Utara sebanyak 9,93 juta lembar.

“Logistik Pemilu yang dicetak oleh PT.  Pura Kudus tidak hanya surat suara, melainkan ada bahan sosialisasi visi misi calon presiden dan wakil presiden serta segel,” ungkap Ida.

Komisioner KPU Ida Budhiati mengatakan, daerah kepulauan diprioritaskan karena medan yang dilalui cukup berat. “Butuh waktu lebih lama untuk pengiriman logistik ke daerah kepulauan, karena itu logistik untuk daerah kepulauan akan diprioritaskan pengirimannya agar bisa tiba tepat waktu. Pengiriman logistik untuk daerah kepulauan seperti di Pulau Nias, Sumut dan Pulau Sabang di Aceh akan didahulukan. Selain faktor geografis, KPU juga akan memprioritaskan pengiriman logistik untuk daerah dengan jumlah pemilih paling besar, seperti Medan dengan jumlah pemilih terbesar di Sumut, logistiknya juga akan diprioritaskan pengirimannya,” Ujar Ida saat memberikan keterangan kepada wartawan usai mengecek surat suara di PT. Pura Kudus.

Sementara pengamanan selama proses distribusi, menurutnya, sejauh ini KPU sudah membangun kerja sama dengan TNI dan Polri dukungan penuh seperti halnya saat pengamanan selama Pemilu Legislatif lalu.

Ida optimistis pencetakan surat suara dan logistik lainnya tepat waktu. Ia mencontohkan, logistik yang dicetak di PT. Pura sudah mencapai 90 persen. Kualitas hasil cetakan terutama surat suara juga memuaskan.

KPU menargetkan distribusi logistik pemilu berlangsung lancar dan aman. KPU memastikan semua logistik tersebut tepat waktu dan proses pengirimannya akan dilakukan lewat jalur udara dan darat mulai 14 Juni hingga 24 Juni 2014. (tdy/ibn/red. hupmas)

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

PELANTIKAN ANGGOTA PPK DAN PPS SE-KOTA JAKARTA TIMUR

Jakarta, 09/03/2018. Ketua KPU Kota Jakarta Timur, pada hari ini melantik calon anggota PPK dan …

Leave a Reply