Keterangan Foto : Komisioner KPU RI, Arief Budiman (kanan), Ida Budhiati (kiri), dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah (dua dari kiri) sedang berbincang dengan pihak kepolisian di depan TPS 40 Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

KPU Monitoring Pemungutan Suara ke TPS

Jakarta, kpu.go.id- Pada hari digelarnya pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Rabu (9/7), Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berbagi tugas melaksanakan monitoring ke tempat-tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah DKI Jakarta dalam kegiatan Press Tour bersama para jurnalis media massa cetak, online dan elektronik.

Seusai menunaikan hak pilihnya, tiga komisioner KPU RI, yakni Ferry Kurnia Rizkiyansah, Arief Budiman, dan Ida Budhiati melakukan monitoring proses pemungutan suara untuk TPS-TPS di wilayah Jakarta Selatan. Di antara TPS yang mereka kunjungi ialah TPS 027 dan TPS 040 Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Arief Budiman, monitoring dan supervisi adalah hal yang biasa dilakukan oleh KPU di setiap Pemilu. “Kami ingin tahu betul, pertama, personel kita. Apakah personel kita di tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan sampai tingkat KPPS siap menjalankan tugas itu. Kedua, kami mau memastikan apakah regulasi yang kita buat itu dijalankan betul atau tidak. Misalnya, mulai dari penempelan DPT, Daftar Pasangan Calon, kemudian setting TPS, itu apakah dijalankan atau tidak,” papar Arief.

Ia juga mengatakan, KPU juga melakukan koordinasi  dengan pengawas, bukan hanya di tingkat pusat tapi juga provinsi dan kabupaten/kota hingga PPL. “Sejauh ini semua berjalan baik. Saksi dari masing-masing kandidat juga rata-rata hadir di seluruh TPS. Dan, tadi saya juga bertanya kepada masing-masing saksi, tidak ada kejadian khusus yang harus dicatatkan dalam formulir catatan khusus itu. Panwas pun belum ada laporan dari mereka,” terang Arief. (bow/rta/ajg. FOTO KPU/dosen/Hupmas)

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

KPU Kota Jakarta Timur meneliti Administrasi berkas pendaftaran Parpol

Jakarta (20/102017), Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Timur melanjutkan tahap pendaftaran partai politik calon peserta …

Leave a Reply