Percetakan Surat Suara Pilpres Sesuai Target
Percetakan Surat Suara Pilpres Sesuai Target

Percetakan Surat Suara Pilpres Sesuai Target

Klaten, kpu.go.id- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sabtu (14/6) melakukan tinjauan terpisah untuk melakukan monitoring di beberapa daerah pencetakan Surat Suara pemilu Pilpres.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Juri Ardiantoro yang bertugas meninjau di dua percetakan surat suara pilpres yang berlokasi di Kabupaten Klaten Jawa Tengah, yaitu PT. Macananjaya Cemerlang di Jalan Ki Hajardewantara, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan PT. Intan Sejati Jalan Kopral Sayom (Ring Road) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Monitoring di dua percetakan surat suara pilpres ini selain dihadiri Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI turut hadir pula Anggota KPU Kabupaten Klaten, KPU Kota Surakarta dan KPU Kabupaten Sukoharjo, Panwaslu Kabupaten Klaten serta awak media cetak dan elektronik lokal.

Direktur Opersional PT. Macananjaya Cemerlang Ir. Dwi Putranto Nugroho menjelaskan bahwa surat suara pilpres yang dicetak berjumlah 5.881.129 lembar yang terdiri dari 3.003.960 lembar diperuntukan seluruh Kab/Kota di Provinsi Bali dan 2.831.802 lembar diperuntukan bagi 4 kabupaten dan 3 kota di Provinsi Jawa Tengah. Untuk Daftar Pasangan Calon yang dicetak untuk sosialisasi di tiap-tiap TPS berjumlah 45.367 lembar.

Sedangkan PT. Intan Sejati mencetak surat suara pilpres sejumlah 13.902.219 lembar dan surat suara untuk pemilu ulang 17.000 lembar, adapun pendistribusiannya diperuntukan untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Juri Ardiantoro di hadapan para media cetak dan elektronik mengatakan, kunjungan monitoring ke percetakan surat suara yang ada Kabupaten Klaten ini bertujuan untuk memastikan, apakah perusahaan pencetakan surat suara pilpres ini sudah sesuai dengan yang telah ditentukan, mulai dari segi waktu yaitu menyangkut tepat waktunya dalam memproduksinya dan sampai tujuannya.

Sedangkan kontennya yaitu kualitas percetakan surat suara yang diproduksi apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan, contoh mulai dari tingkat kecerahan warnanya, jenis kertasnya, kemudian apakah dalam pencetakan ada noda atau ada tinta yang tidak semestinya, karena surat suara ini harus bersih dari kemungkinan adanya indikasi mengarah pada salah satu pasangan calon, misalnya tidak boleh surat suara ada satu titik tinda menempel di salah satu calon, walaupun tidak disengaja ataupun itu error di dalam proses produksi.

Secara umum hasil monitoring di dua percetakan surat suara pilpres tidak ada masalah, adanya keseriusan yang kami lihat untuk menjaga kualitas dan kepercayaan negara ini  untuk mencetak surat suara pilpres, karena cetakan surat suara ini beda nilainya atau posisinya dengan barang cetakan lain seperti buku pelajaran atau yang lain-lain, karena ini bukan soal jenis cetakan saja tetapi soal keamanannya.

Oleh karena itu Keamanan menjadi bagian dari apa yang diperintah oleh Undang-Undang, jadi tidak boleh surat suara dicetak lebih dari yang dipesan, tidak boleh penyimpanan surat suara sembarangan, tidak boleh surat suara dikirim tanpa pengawalan.

Dari segi keamanan perusahaan menjamin seluruh proses semua itu, sesuai dengan standar yang telah ditentukan dari mulai pencetakan sampai pengiriman nanti ada pengawalan dari pihak kepolisian, jadi dari segi keamanan sangat terjaga.

Untuk pencetakan surat suara pilpres di Provinsi Bali semuanya sudah seratus persen tercetak dan pendistribusian ke Provinsi Bali hari Senin (16/6) akan dikirim, sedangkan untuk Jawa Tengah baru empat puluh persen yang telah dicetak, jadi satu dua hari ini bisa diselesai pencetakannya, sesuai target dan secara simultan akan dikirim kedaerah tujuannya. ungkap juri. (dosen/sij/red. FOTO KPU/dosen/hupmas)

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

PELANTIKAN ANGGOTA PPK DAN PPS SE-KOTA JAKARTA TIMUR

Jakarta, 09/03/2018. Ketua KPU Kota Jakarta Timur, pada hari ini melantik calon anggota PPK dan …

Leave a Reply