Breaking News

RAPAT KOORDINASI PIMPINAN KPU KOTA JAKARTA TIMUR

Rapat Koordinasi Pimpinan KPU Kota Jakarta Timur dilaksanakan hari Senin (21/10/2019) di ruang Ketua KPU Kota Jakarta Timur. Rapat ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Jakarta Timur, Sekretaris KPU Kota Jakarta Timur dan para Kepala Sub Bagian Hukum KPU Kota Jakarta Timur.

Rapat Koordinasi didahului dengan laporan anggota yang mengikuti kegiatan di luar. Dimulai dari Anggota KPU Kota Jakarta Timur Tri Endraningsih dan Suhanda menghadiri kegiatan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta di Jakarta menyampaikan bahwa evaluasi kegiatan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta selama proses tahapan Pemilu serentak tahun 2019, menjelaskan keputusan-keputusan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta yang sudah sampai ke PTUN, penjelasan dasar hukum Bawaslu dalam meloloskan M. Taufik melalui ajustifikasi, karena yang bersangkutan sebelumnya telah didiskualifikasi dan evaluasi tentang sistem proporsional terbuka yang berdasarkan saran-saran kemungkinan akan digantikan menjadi proporsional tertutup.

Selanjutnya laporan dari Anggota KPU Kota Jakarta Timur Fahrur Rohman dan Kepala Sub Bagian Hukum Rivandi menghadiri kegiatan KPU RI di Tangerang menyampaikan bahwa pelajaran mengenai politik hukum, membahas tata cara pembuatan legal drafting, tata cara pembuatan Surat Keputusan dan Surat Keputusan yang akan dipublikasi keluar dan dilihat oleh umum harus merupakan salinan. Contohnya di KPU RI, yang menandatangi salinan yaitu Kepala Biro Hukum, KPU Provinsi, yang menandatangi salinan yaitu Kepala Bagian Hukum, Teknis & Hupmas dan di KPU Kabupaten/Kota yang menandatangi salinan yaitu Kepala Sub Bagian Hukum KPU Kabupaten/Kota.

Kepala Sub Bagian Hukum Rivandi, juga melaporkan terkait perkembangan proyek perubahan aplikasi SIDOKUH. Minggu lalu Rivandi berkoordinasi dengan pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta dan pimpinan KPU RI mengenalkan aplikasi SIDOKUH. Pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta dan Pimpinan KPU RI pada merespon baik dan mendukung proyek perubahan aplikasi SIDOKUH. Para pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta dan KPU RI, banyak memberikan masukan untuk pengembangan aplikasi SIDOKUH. Diantaranya penambahan fitur-fitur aplikasi untuk pengembangan aplikasi, produk-produk hukum yang ditampilkan tidak hanya peraturan kepemiluan tapi juga peraturan yang ada hubungan dengan kepemiluan dan aplikasi SIDOKUH harus openness dan mendukung reformasi birokrasi seperti DIPA dan RKAKL ikut juga ditampilkan. Secara spesifik Rivandi, sudah menyampaikan langsung kepada Ketua KPU Kota Jakarta Timur. Sekretaris KPU Kota Jakarta Timur merespon, untuk masukan-masukan dari pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta dan KPU RI silakan Rivandi tindaklanjuti dan dilaksanakan sesuai prosedur.

Laporan dari operator Sidalih terkait acara KPU RI di bali menyampaikan bahwa diminta mengumpulkan data DPK yang sudah diinput, pertahanan data pemilih dan untuk Tahun 2020 KPU akan membuatan sidalih 4.0, dengan fitur-fitur yang lebih baik diantaranya : pengelolaan akun kembali ke tahun 2017, pengelolaan data akan diserahkan ke KPU Provinsi dengan server tersendiri untuk masing-masing Provinsi.untuk Sidalih 4.0 akan mulai diterapkan di Pilkada 2020.

Terkait rencana Rumah Pintar Pemilu (RPP) akan dilakukan perubahan konsep dikarenakan RPP yang ada saat ini belum terkonsep dengan baik, sehingga perlu dilakukan perbaikan-perbaikan RPP sehingga untuk mereka yang melihat akan mendapatkan pengetahuan mengenai tahapan pemilu yang telah dilaksanakan, seperti sosialisasi kita bisa isi dengan foto-foto yang unik mengenai kegiatan sosialisasi di lapas dan panti. Link berita juga bisa dimasukan. Gambaran kegiatan relasi juga dibuat dengan foto-foto yang menarik untuk dilihat. Nanti kita akan undang secara resmi beberapa tamu setelah RPP selesai dilakukan perubahan konsep.

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

GRAND LAUNCHING DAN SOSIALISASI SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI PRODUK HUKUM (SIDOKUH) KPU KOTA JAKARTA TIMUR DI HOTEL JAYAKARTA, BANDUNG

Pada hari Selasa (20/11/2019) di Ruang Dayang Sumbi Hotel Jayakarta, Bandung, diadakan Grand Launching dan …

Leave a Reply