Breaking News

SIMONAS : TEMATIS DAN KRONOLOGIS

Simonas adalah nama Rumah Pintar Pemilu di KPU Kota Jakarta Timur. Simonas mengusung tema Tematis dan Kronologis, terdapat dua konsep dalam tema tersebut, yaitu Tematis dan Kronologis.  Tematis menunjukkan bahwa Display ditempatkan dalam konsep tahapan, misal pencalonan, sosialisasi dan data pemilih  ditempatkan secara terpisah, demikian juga tahapan lain. Untuk membuat kesan keteraturan, maka kami menambahkan konsep kronologis, sehingga penempatan Display akan tersusun sesuai tahapan dan kronologis.

Maka aturan awal ketika memasuki Simonas, maka pengunjung harus masuk dan bergerak kearah kanan / Contra Clockwise atau berlawanan arah jarum jam. Kenapa harus begitu? Karena Display kami tempatkan secara tematis kronologis, dari arah kanan hingga kekiri jadi pengunjung harus melihat Display secara berurutan, sehingga unsur koneksitasnya akan terbangun, justru kalau bergerak kemana saja, unsur koneksitasnya tidak akan terbangun.

Simonas terbagi menjadi 10 Sektor yaitu Pencalonan, Sosialisasi, Pemutakhiran Data pemilih, Logistik, Tungra, Evaluasi dan Award,serta data digital,adapun area tambahan adalah Serba-serbi, komisioner dan sekretariat dan pojok disabilitas. Deskripsi Simonas akan kita bahas sebagai berikut:

Sektor 1 : Area Pencalonan

Sektor 1 adalah Pencalonan, kenapa pencalonan di tempatkan di sektor 1?, karena pencalonan adalah tahapan pertama yang dilakukan oleh KPU dalam memulai tahapan kolosal pemilu serentak. Display ini berisi tahapan pencalonan, penerimaan berkas pencalonan buat Sipol, tahapan Litmin, tahapan Verfak, dan hasil dari pencalonan tersebut. Display ini kami namai sektor 1. Menandai Tematis Kronologis pertama dari Simonas.

Sektor 2 : Area Sosialisasi

Sektor 2 dari Simonas adalah tahapan Sosialisasi, karena setelah pencalonan, maka tahapan sosialisasi adalah tahapan selanjutnya. Sektor ini berisi mengenai arti sosialisasi, jenis sosialisasi yang kami jalankan, daftar nama relasi, hingga berita. Highlight sosialisasi tentu menjadi sajian utama di sektor ini, bahkan sosialisasi di Rutan/Lapas, hingga Panti Sosial kami tonjolkan, karena komunitas tersebut sering menjadi pemberitaan di Jakarta Timur.

Sektor 3 : Area Data Pemilih

Sektor ketiga adalah Data Pemilih, memang tahapan hampir berbarengan dengan sosialisasi, namun, tahapan ditingkat kota sosialisasi memulai terlebih dahulu. Sektor ini menyajikan pergerakan tahapan pemutakhiran data pemilih. Hal tersebut terangkum dalam Display yang disajikan di sektor 3 Simonas.

Sektor 4 : Area Logistik

Sektor keempat adalah Logistik, sektor logistik menyajikan Manifest, foto-foto kegiatan terkait logistik, baik digudang maupun pada saat sortir dan lipat surat suara, dan berita-berita mengenai kegiatan logistik di Jakarta Timur. Seluruh Loading TPS di Jakarta Timur melibatkan 9 Gelanggang Olahraga/ Gelanggang Remaja Kecamatan, plus satu rusunawa Cakung, Cakung menggunakan russunawa karena memang kecamatan tersebut merupakan kecamatan terbesar di Jakarta Timur, dan tidak ada GOR yang bisa menampung logistik di Cakung.

Sektor 5 : Area Tungsura

Sektor Lima adalah sektor Penghitungan suara. Sektor ini berisi mengenai serba-serbi penghitungan suara, foto-foto kegiatan rekapitulasi penghitungan suara, berita mengenai penghitungan suara, hasil penghitungan suara, termasuk anggota legislative terpilih dan bahkan suara yang didapatkan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden di wilayah Jakarta Timur. Sehingga sektor ini menggambarkan hasil pemilihan umum yang terjadi di Jakarta Timur

Sektor 6 : Area Disabilitas

Sektor enam adalah sektor pojok Disabilitas. Sektor ini menggambarkan kerjasama intensif antara KPU Jakarta Timur dengan Stakeholder Disabilitas Jakarta Timur. Sektor ini merupakan Tribute kepada kerja keras Jaktim Squad karena kerjasama baik antar pihak menghasilkan penghargaan sebagai penyelenggaraan terbaik pemilihan umum kategori pemilu akses. Sektor ini juga menggambarkan bahwa kaum disabilitas dilibatkan dalam simulasi, sosialisasi dan bahkan jadi KPPS, seperti Amud yang terpilih jadi salah satu KPPS di Pondok Bambu.

Sektor 7 : Area Penghargaan dan Evaluasi

Sektor Tujuh adalah sektor Award dan Evaluasi, sektor ini menjadi sektor akhir dalam tahapan resmi KPU. Sektor ini memuat momen evaluasi dan penghargaan yang kami terima sepanjang tahun 2018-2019. Berbagai penghargaan yang kami terima, kami abadikan dalam Display tersebut

Sektor 8 – 10 : Serba-Serbi Pemilu 2019

Sektor 8-10 adalah suplemen, sektor 8 memuat serba-serbi penyelenggaraan pemilu di Jakarta Timur serba-serbi memuat foto kegiatan, dan berita serta kejadian penting lainnya. Sektor 9 memuat sejarah internal KPU Jakarta Timur, memuat foto komisioner dan sekretariat Jakarta Timur. Sektor 10 adalah sektor digitalisasi data, semua data digital terkait Jakarta Timur termuat dalam Audio Visual kami. Tentu sektor 10 akan ditingkatkan seiring waktu berjalan. Semua hal diatas terangkum dalam Simonas dengan tema Tematis Kronologis.

Tim Redaksi

About admin

Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Check Also

GRAND LAUNCHING DAN SOSIALISASI SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI PRODUK HUKUM (SIDOKUH) KPU KOTA JAKARTA TIMUR DI HOTEL JAYAKARTA, BANDUNG

Pada hari Selasa (20/11/2019) di Ruang Dayang Sumbi Hotel Jayakarta, Bandung, diadakan Grand Launching dan …

Leave a Reply