Selayang Pandang

Meningkatnya kesadaran berpolitik masyarakat yang didorong dengan peran pelayanan pemerintah dalam menginformasikan berbagai kegiatan demokrasi, diperlukan suatu media yang dapat diakses secara terbuka. Masyarakat kian membutuhkan akses terhadap data dan informasi yang mudah didapat kapanpun dan dimanapun (global).

Dalam rangka membangun keterbukaan informasi, pemanfaatan teknologi seperti sistem informasi website mampu mewujudkan tujuan berdemokrasi. Sistem Informasi website merupakan sistem informasi berbasis internet yang memiliki kemampuan memasukan data/informasi, menyimpan, memperbaharui, memanipulasi, menganalisa, dan menyajikan semua informasi secara cepat dan efektif.

Lewat surat edaran bertanggal 17 Juni 2002 perihal pendayagunaan situs, Menteri Negara Komunikasi dan Informasi (Menneg Kominfo) menyerukan pada semua instansi pemerintah, termasuk Kementerian, Departemen, Lembaga Pemerintah, dan Lembaga Pemerintah Non Departemen, baik di pusat maupun di daerah, agar mendayagunakan situs web di instansinya.

Salah satu Kementrian atau Lembaga yang banyak mendapat perhatian media massa adalah Komisi Pemilihan Umum berkaitan dengan seringnya KPU menjadi sumber pemberitaan baik di dalam maupun di luar negeri. Menindak lanjuti surat edaran, Menneg kominfo Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar memandang perlu untuk mengembangkan website dengan URL http://kpu-jakartatimurkota.go.id, yang berisi informasi tentang kelembagaan KPU Kota Administrasi Jakarta Timur, dan kontak secara online.

http://kpu-jakartatimurkota.go.id merupakan situs resmi yang sudah dapat diakses masyarakat secara luas dan penggunaan alamat http://kpu-jakartatimurkota.go.id ini mengacu pada surat edaran Menteri Negara Komunikasi dan Informasi Menteri Negara Komunikasi dan Informasi yang mengatur standar penamaan website bagi instansi pemerintah.

Dengan pemanfaatan teknologi website ini, diharapkan terjalin komunikasi dua arah antara KPU Kota Administrasi Jakarta Timur dengan masyarakat lebih intensif. Sehingga sosialisasi program dan informasi dari KPU dapat diakses oleh masyarakat secara cepat, akurat dan dari mana saja.

Akhirnya kami berharap agar website ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat serta perkembangan demokrasi di Kota Administrasi Jakarta Timur.

           

Tim Pengembangan